BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Pasar merupakan
tulang punggung perekonomian masyakat, baik masyarakat yang berada dikalangan
kelas bawah ataupun masyarakat yang berada di kalangan kelas atas. Pasar juga
merupakan proses hubungan timbal antara penjual dan pembeli untuk mencapai
kesepakatan harga dan jumlah suatu barang/jasa yang diperjualbelikan. Pasar
merupakan perwujudan dari kegiatan ekonomi,pasar muncul karena pemenuhan akan
kebutuhan semakin beragam.Pada awalnya dikenal dengan sistem barter disini melakukan
pertukaran barang dengan barang lain,dari sini pasar terus berkembang dengan
pesatnya sampai sekarang berbagai jenis pasar bermunculan dengan celah-celah
ekonomi berdasarkan permintaan pasar. Dalam perkembangannya kita kenal pasar
oligopoli dan monopoli sebagai bentuk bagian dari pasar saat ini.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar
belakang maka kami mendapatkan rumusan masalah sebagai berikut :
1. Apa yang dimaksud pasar persaingan sempurna,
monopoli dan oligopoli ?
2. Bagaimana monopoli dan etika bisnis ?
3. Bagaimana etika didalam pasar kompetitif ?
4. Bagaimana kompetisi pada pasar ekonomi global
?
1.3
Tujuan Pembuatan Paper
Penulisan ini
bertujuan untuk :
1. Mengetahui pasar persaingan sempurna, monopoli dan
oligopoli
2. Mengetahui monopoli dan etika bisnis
3. Mengetahui etika didalam pasar kompetitif
4. Mengetahui
kompetisi pada pasar ekonomi global
1.4
Manfaat Pembuatan Paper
Manfaat dari
pembuatan makalah ini adalah agar para pembaca khususnya para calon pebisnis
memiliki dan mengerti akan wawasan yang utuh mengenai pasar persaingan
sempurna, monopoli dan oligopoly, monopoli dan etika bisnis, etika didalam
pasar kompetitif, kompetisi pada pasar ekonomi global sehingga dapat
mengaplikasikannya dalam kegiatan bisnis yang real di masyarakat pada umumnya.
1.5
Metode Pembuatan Paper
Kami membuat makalah
ini dengan beberapa metode antara lain :
1. Kepustakaan yaitu mencari buku-buku yang
berkaitan dengan materi yang kami bahas.
2. Pencarian ilmu dan teori yang berkaitan
dengan materi yang kami bahas melalui Internet
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pasar Persaingan Sempurna
Suatu pasar dimana terdapat
banyak penjual dan pembeli, barang yang didagangkan adalah barang homogen atau
barang yang sama dan penjual tidak memiliki kebebasan dalam menentukan harga.
Dalam pasar persaingan sempurna produsen bisa keluar dan masuk pasar dengan
sangat mudah. Dilihat dari persaingan diuar harga, pasar persaingan sempurna
tidak memiiki persaingan di luar harga.
2.2 Pasar Monopoli
Pasar monopoli merupakan suatu
pasar yang hanya memiliki satu penjual saja sehingga pembeli tidak punya
pilihan dan penjual memiliki pengaruh besar dalam perubahan harga. Dalam pasar
monopoli hanya terdapat satu perusahaan atau penjual. Dan barang yang
didagangkan pada pasar monopoli adalah barang yang unik atau langka.
2.3
Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli yaitu pasar yang
hanya terdapat beberapa produsen di dalamnya yang saling mempengaruhi dan
bersaing dalam kualitas barang. Pasar oligopoli memiliki sedikit perusahaan
atau produsen. Dengan menghasilkan barang standar atau berbeda corak, dalam
pasar oligopoli adakalanya produsen tangguh dan adakalanya lemah dalam
memengaruhi harga serta cukup sulit bagi produsen untuk keluar masuk pasar.
2.4
Monopoli & Dimensi Etika Bisnis
Dari sisi etika bisnis, pasar
monopoli dianggap kurang baik dalam mencapai nilai-nilai moral karena pasar
monopoli tak teregulasi tidak mampu mencapai ketiga nilai keadilan kapitalis,
efisiensi ekonomi dan juga tidak menghargai hak-hak negatif yang dicapai dalam
persaingan sempurna.
2.5 Etika Di Dalam Pasar Kompetitif Sempurna
Pasar bebas kompetitif sempurna
mencakup kekuatan-kekuatan yang mendorong pembeli dan penjual menuju apa yang
disebut titik keseimbangan.
Dalam hal ini pasar dikatakan
mampu mencapai tiga moral utama :
1. Mendorong pembeli dan penjual
mempertukarkan barang dalam cara yang adil.
2. Memaksimalkan utilitas pembeli
dan penjual dengan mendorong mereka mengalokasikan, menggunakan, dan
mendistribusikan barang-barang dengan efisiensi sempurna.
3. Mencapai tujuan-tujuan
tersebut dengan suatu cara yang menghargai hak pembeli dan penjual untuk
melakukan pertukaran secara bebas.
2.6
Kompetisi Pada Pasar Ekonomi Global
Kompetisi mempunyai pengertian
adanya persaingan antara perusahaan untuk mencapai pangsa pasar yang lebih
besar. Kompetisi antara perusahaan dalam merebutkan pelanggan akan menuju pada
inovasi dan perbaikan produk dan yang pada akhirnya pada harga yang lebih
rendah. Sebuah perusahaan yang memimpin pasar dapat dikatakan sudah mencapai
keunggulan kompetisi. Kompetisi baik bagi perusahaan karena akan terus
mendorong adanya inovasi, ketekunan dan membangun semangant tim. Sekalipun
demikian, tidak selamanya kompetisi selalu baik karena kita harus memastikan
bahwa para pesaing perusahaan kita tidak akan mencuri pelanggan kita.
Dalam pengertian sempit,
kompetisi mempunyai pengertian perusahaan-perusahaan berusaha sekuat tenaga
untuk membuat pelanggan membeli produk mereka bukan produk pesaing. Oleh karena
itu, akan terdapat pihak yang menang dan yang kalah. Dalam pengertian luas
sebagaimana sudah disebutkan di atas, kompetisi merupakan usaha organisasi
bisnis dalam memperoleh pangsa pasar yang lebih besar dan lebih sukses
dibandingkan dengan pesaingnya. Ada tiga model kompetisi dalam dunia bisnis,
yaitu: kompetisi manufaktur, kompetisi penjualan dan model-model kompetisi.
Jadi Indonesia memiliki daya atau
kemampuan saing untuk berkompetisi dalam pasar global. Belum lagi faktor-faktor
lain yang tidak diuraikan dalam. Jika ingin mendorong perusahaan-perusahaan di
Indonesia untuk mengekspansi sayap-sayapnya pada skala ASEAN pada MEA dan AFTA
2015 (untuk jangka pendek), maupun pada skala global (untuk jangka panjang),
beberapa hal yang tertinggal terlebih dahulu harus dikejar dan dibenahi secara
makro. Pertama, membentuk SDM yang kuat dan profesional. Kedua, dalam rangka
peningkatan produktivitas dan efisiensi, teknologi-teknologi sebagai alat
produksi perlu dimutakhirkan, dengan harapan bisa menurunkan biaya produksi
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Pasar merupakan proses hubungan
timbal antara penjual dan pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah
suatu barang/jasa yang diperjualbelikan. Pasar merupakan perwujudan dari
kegiatan ekonomi, pasar muncul karena pemenuhan akan kebutuhan semakin beragam.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar