Prinsip Pelayanan kepada Pelanggan
Manusia adalah makhluk individual dan sekaligus
sosial, dimana setiap manusia memiliki ego yang selalu ingin dipuaskan. Setiap
manusia selalu ingin dihormati atau di hargai, selalu ingin hidup nyaman, ingin
menjadi orang yang bisa membanggakan dirinya, ingin dicintai dan mempunyai
hubungan cinta kasih, dan ingin merasa dibutuhkan oleh orang lain.
Dalam menjual atau melayani pelanggan, kita seharusnya menyentuh ego ini, dan berusaha memenuhinya, sehingga pelanggan kita merasa senang, dan akhirnya menjadi pelanggan yang setia. Seorang penjual dan atau petugas pelayanan yang mengabaikan pentingnya hal ini, akan selalu menghadapi kesulitan dalam menjual atau memuaskan kebutuhan pelanggan, karena pelanggan akan merasakan sesuatu yang kurang enak, tidak simpatik dan tidak percaya.
Untuk melayani pelanggan, kita harus mengenali prinsip-prinsip yang tersebut di bawah ini :
1. Menghormati dan Menghargai.
Anda perlu mengingat bahwa orang lain, sama seperti anda adalah makhluk yang di ciptakan oleh Tuhan. Kita seharusnya menghormati orang lain karena dengan menghormati orang lain berarti kita telah menghormati Tuhan kita. Bila anda menghormati orang lain dengan tulus, anda sesungguhnya adalah orang yang memiliki iman yang teguh, dimana anda mengakui keberadaan Tuhan. Jadi cara anda menghormati Tuhan, tidak lain adalah dengan jalan menghormati orang lain yang juga sebagai ciptaanNya. Mau tidak mau, suka atau tidak suka, anda harus mengakui adanya hukum alam, yaitu hukum sebab – akibat, dimana apa yang anda alami saat ini merupakan akibat dari tindakan anda di masa sebelumnya.
Dalam menjual atau melayani pelanggan, kita seharusnya menyentuh ego ini, dan berusaha memenuhinya, sehingga pelanggan kita merasa senang, dan akhirnya menjadi pelanggan yang setia. Seorang penjual dan atau petugas pelayanan yang mengabaikan pentingnya hal ini, akan selalu menghadapi kesulitan dalam menjual atau memuaskan kebutuhan pelanggan, karena pelanggan akan merasakan sesuatu yang kurang enak, tidak simpatik dan tidak percaya.
Untuk melayani pelanggan, kita harus mengenali prinsip-prinsip yang tersebut di bawah ini :
1. Menghormati dan Menghargai.
Anda perlu mengingat bahwa orang lain, sama seperti anda adalah makhluk yang di ciptakan oleh Tuhan. Kita seharusnya menghormati orang lain karena dengan menghormati orang lain berarti kita telah menghormati Tuhan kita. Bila anda menghormati orang lain dengan tulus, anda sesungguhnya adalah orang yang memiliki iman yang teguh, dimana anda mengakui keberadaan Tuhan. Jadi cara anda menghormati Tuhan, tidak lain adalah dengan jalan menghormati orang lain yang juga sebagai ciptaanNya. Mau tidak mau, suka atau tidak suka, anda harus mengakui adanya hukum alam, yaitu hukum sebab – akibat, dimana apa yang anda alami saat ini merupakan akibat dari tindakan anda di masa sebelumnya.
2. Kenyamanan.
Anda bayangkan kalau anda sebagai seorang pembeli, apa yang anda inginkan ?.
Perlakukanlah pelanggan anda sama baiknya, senyaman mungkin, se efisien mungkin, se mudah mungkin, sama seperti yang anda harapkan bagi diri anda sendiri. Pikirkan kemudahan dan kenyamanan yang bisa anda berikan kepada orang lain, khusunya kepada pelanggan anda. Pikirkan apa saja yang bisa anda berikan kepada pelanggan anda, agar dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan anda.
Anda bayangkan kalau anda sebagai seorang pembeli, apa yang anda inginkan ?.
Perlakukanlah pelanggan anda sama baiknya, senyaman mungkin, se efisien mungkin, se mudah mungkin, sama seperti yang anda harapkan bagi diri anda sendiri. Pikirkan kemudahan dan kenyamanan yang bisa anda berikan kepada orang lain, khusunya kepada pelanggan anda. Pikirkan apa saja yang bisa anda berikan kepada pelanggan anda, agar dapat meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan anda.
3. Kebanggaan
Setiap orang tentu ingin mempunyai kebanggaan terhadap dirinya. Sebagai penjual atau petugas pelayanan, berusahalah menemukan manfaat-manfaat yang bisa menjadi kebanggaan pelanggan, dan sampaikan manfaat itu kepadanya untuk dinikmatinya.
Dengan menunjukan manfaat emosional kepada pembeli, kemungkinan besar pembeli akan tertarik dengan produk anda. Dan ajari dia bagaimana mengekspresikan manfaat itu kepada orang lain, sehingga kebanggaan dia akan muncul dan merasa puas dengan membeli produk anda.
4. Hubungan
Dengan menjalin hubungan yang baik, anda akan bisa mempertahankan pelangganan dan mendapatkan access-access yang lain untuk pekerjaan anda. Mengirimkan kartu ucapan selamat ulang tahun, selamat lebaran dan sebagainya bisa anda gunakan untuk sarana menjalin hubungan.
5. Dibutuhkan.
Secara di sadari atau tidak disadari perasaan dibutuhkan itu akan selalu ada di dalam diri setiap orang. Setiap orang memiliki emosi alamiah yaitu “ Cinta “. Setiap orang ingin mengekspresikan rasa cinta nya kepada orang lain, tugas anda adalah menyediakan prasarana agar pelanggan anda dapat mengekspresikan rasa cintanya terutama kepada anda dan perusahaan anda.
Secara di sadari atau tidak disadari perasaan dibutuhkan itu akan selalu ada di dalam diri setiap orang. Setiap orang memiliki emosi alamiah yaitu “ Cinta “. Setiap orang ingin mengekspresikan rasa cinta nya kepada orang lain, tugas anda adalah menyediakan prasarana agar pelanggan anda dapat mengekspresikan rasa cintanya terutama kepada anda dan perusahaan anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar