Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan
Kepuasan
harus menciptakan perasaan senang, bahagia, atau berupa customer delight yang
merupakan salah satu pendorong bagi penciptaan customer delight. 5 aspek kunci
dalam pelayanan pelanggan (customer service). Proses pemberian layanan
pelanggan yang excellent (excellent customer
service), maka terdapat lima elemen kunci yang layak diperhatikan. Lima elemen kunci tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Reliabilitas
Aspek ini mencerminkan
kemampuan untuk memberikan apa yang dijanjikan – dengan andal dan tepat serta
akurat. Sebagai misal apakah ketika kita berlanggan akses internet cepat
Speedy, mereka mampu memberikan layanan sesuai dengan yang diiklankan – yakni
cepat, dan koneksi tidak pernah putus.
Untuk mampu memberikan
reliabilitas maka langkah yang harus dilakukan adalah :
1) pastikan bahwa anda telah mengidentifikasi
kebutuhan pelanggan dengan benar
2) janjikan hanya apa yang
dapat anda berikan dan
3) tindak lanjuti untuk memastikan bahwa produk
dan service telah diberikan sesuai dengan janji.
2.
Assurance
Aspek ini mencerminkan
kemampuan untuk memberikan sesuatu yang dapat dipercaya (terjamin
keandalannya). Strategi tindakan untuk mengembangkan assurance adalah : berikan
layanan yang asertif dengan menggunakan teknik komunikasi yang positif dan
menjelaskan produk dan service secara tepat.
3.
Tangibel
Aspek ini berkaitan dengan aspek fasilitas
fisik/peralatan serta penampilan personal dari penyedia layanan. Strategi
tindakan yang layak dilakukan antara lain adalah menjaga ruang kerja apalagi
yang langsung berhadapan dengan pelanggan agar tetap rapi. Lalu
susunlah barang-barang dengan teratur serta berperilaku dan berpakaian secara
profesional.
4.
Empati
Aspek ini berkaitan dengan
tingkat kepedulian dan perhatian individu yang diberikan kepada pelanggan.
Strategi tindakan yang dapat dilakukan antara lain adalah mendengarkan secara
aktif pesan yang disampaikan pelanggan, menempatkan diri anda dalam posisi
mereka dan merespon secara tepat guna menjawab keinginan yang menjadi perhatian
mereka.
5. Responsif
Aspek ini mencerminkan kemampuan untuk membantu
pelanggan dan memberikan layanan yang cepat/responsif. Agar mampu bersikpa
responsif, maka kita perlu menampilkan sikap positif atau “can-do attitude” ;
serta mengambil langkah dengan segera untuk membantu pelanggan, dan memenuhi
kebutuhan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar